Rejuise Mangosteen (Fermentasi Manggis)

Top Brand Rejuise Mangosteen (Fermentasi Manggis)

Rejuise Mangosteen (Manggis)

XANTHONE

Antioksidan yang terdapat dalam kulit buah Manggis dengan kadar yang tinggi ini memiliki sifat yang baik dan bermanfaat bagi tubuh, seperti anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri, anti-jamur, anti-plasmodial, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh, hepatoprotektif. Di dalam senyawa xanthone teridentifikasi sekitar 14 jenis senyawa turunannya. Yang paling banyak terkandung dalam buah Manggis ialah kandungan alfa-mangostin dan gamma-mangostin. Alfa-mangostin adalah senyawa yang sangat berkhasiat dalam menekan pembentukan senyawa karsinogen pada kolon. Selain alfa-mangostin, senyawa xanthone juga mengandung gamma-mangostin yang juga memiliki banyak manfaat dalam memberikan proteksi atau melakukan upaya pencegahan terhadap serangan penyakit.

Mengapa harus fermentasi ? Bukan Ekstrak, Juice atau Serbuk ?


Mungkin anda pernah mendengar berita bahwa masyarakat di Negara Perancis memiliki prevelensi rendah terhadap serangan penyakit Jantung. Hal ini disebabkan masyarakat tersebut terbiasa mengkonsumsi RED Wine (Anggur Merah) yang kaya POLIFENOL yang merupakan antioksidan kuat yang banyak terdapat pada kulit dan biji anggur. Proses pembuatan RED Wine sendiri menggunakan proses fermentasi (Rahasia Wine, 2007).

Dengan proses fermentasi inilah zat-zat (antioksidan) yang terkandung dalam herbal dapat terekstrak, berdifusi dan larut secara alami. Antioksidan dan turunannya lebih banyak larut dalam etanol ketimbang dalam air. Itu terbukti pada penelitian R. Yuniasari dkk dari Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alfamangostin pada teh celup kulit manggis hanya 0.163%, sedangkan pada ekstrak etanol mencapai 27,729% (TRUBUS, My Healthy Life 2011). Bahkan jauh sebelum itu, pada tahun 1996 jurnal ilmiah Planta Med mengungkapkan ekstrak kulit manggis berpotensi mencegah aktivitas HIV-1 protase. Mangostin dan Gammamangostin adalah senyawa yang berperan utama dalam proses tersebut.
Hal ini menunjukkan bahwa fermentasi herbal lebih efektif untuk penyembuhan ketimbang ekstrak herbal dalam bentuk lainnya seperti Juice, Kapsul maupun seduhan teh. Pada proses ekstraksi herbal umum misalnya, pengeringan, perebusan, penghancuran menjadi bubuk dan selanjutnya menjadi sediaan berupa kapsul. Seduhan Teh maupun Juice Herbal dapat membuat zat-zat aktif tersebut menguap, rusak dan tidak larut. Sehingga membuat proses penyembuhan tersebut menjadi dipertanyakan keefektifannya. Beberapa orang berhasil sembuh dan beberapa orang yang lain tidak mengalami perubahan apapun. Bahkan yang lebih parah kandungan creatin diginjal cenderung meningkat.
Anda bisa bayangkan bila RED Wine saja bisa melindungi masyarakat Perancis dari serangan jantung. Padahal nilai ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) anggur hanya 1100. Sedangkan nilai ORAC kulit mangga mencapai 17.00 - 20.000 yang merupakan tertinggi di muka bumi ini. Bisa dibayangkan bila kulit manggis di fermentasikan ? Tentu akan menjadi pilihan utama penyembuhan abad ini.
Masyarakat tradisional, buah Manggis dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti sariawan, disentri, amandel, borok, dengan kemampuan anti-peradangan atau anti-inflamasi yang dimilikinya.
Hasil penelitian ilmiah menyebutkan bahwa kulit buah Manggis sangat kaya akan anti-oksidan, terutama xanthone, tanin, asam fenolat maupun antosianin. Dalam kulit buah Manggis juga mengandung air sebanyak 62,05%, lemak 0,63%, protein 0,71%, dan juga karbohidrat sebanyak 35,61%. Dibawah ini adalah zat-zat yang terkandung dalam kulit manggis.

MANFAAT MANGGIS

Manfaat Kulit Manggis untuk kesehatan sangat vital, beberapa diantara untuk penyakit kritis yang belum ada obatnya yang menyebabkan ia begitu populer di dunia medis sebagai obat tradisional yang ampuh tanpa efek samping, yaitu antara laian sebagai berikut :
  1. Meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini
  2. Kandungan anti oksidan dalam kulit manggis dapat membantu mencegah penuaan dini dan meremajakan kulit. Kulit manggis mampu melakukan regenerasi sel kulit mati yang menjadi penyebab utama kulit terlihat kusam dan kering.
  3. Mengobati / mencegah kanker dan mencegah penyakit jantung
  4. Kandungan Xanthone dalam kulit dan buah manggis mempunyai sifat anti proliferasi dan apoptosis yang menjadi senjata pemusnah massal terhadap penyakit kanker dan efektif melakukan pencegahannya.
  5. Imun Sistem
  6. Kayanya kandungan anti oksidan dalam kulit manggis, anti oksidan aktif dalam kulit buah ini sangat ampuh untuk meningkatkan perlindungan tubuh terhadap berbagai penyakit dan membuang radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya.
  7. Menurunkan Diabetes
  8. Kulit manggis salah satu herbal ampuh yang dapat membantu menurunkan diabetes dengan mengurangi dan membawa kadar gula dalam darah melalui air seni.

Manfaat kulit manggis bagi kesehatan umum :

  • Mengatasi gangguan haid
  • Meringankan gejala menopause
  • Menurunkan berat badan
  • Meredakan sakit tenggorokan dan sariawan
  • Meredakan imsomnia
  • Anti peradangan
  • Memperbaiki kerusakan syaraf
  • Menurunkan kadar gula di darah
  • Membantu meringankan penyakit wasir
  • Meningkatkan stamina dan energi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar